Kerjasama Pria dan Wanita dalam Islam

Portal Islam - Kerjasama Pria dan Wanita dalam Islam
Kerjasama pria dan wanita adalah suatu hal yang mutlak terjadi dalam seluruh aspek muamalah karena itulah salah satu fungsinya, kenapa Allah menciptakan dua makhluk tersebut. Kerjama sama pria dan wanita semata untuk saling menjamin tercapainya ketakwaan dan pengabdian padaNya.

Kita lihat dalam Q.S. At-Taubah : 71
"Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh kepada yg ma'ruf dan mencegah dari yang munkar"
Dari salah satu ayat ini menjadikan landasan bahwa kerjasama tersebut ada dan diperbolehkan. Meskipun demikian, bukan berarti pria dan wanita dapat berhubungan sebebas-bebasnya.

Islam mengatur SANGAT teliti ttg kerjasama ini karena bila dari aturan-aturan tersebut diabaikan, akan mengakibatkan hal yang buruk terjadi fitnah tersebar dimana-mana,keburukan akan menumpak pribadi, keluarga ataupun masyarakat...akibat kerjasama pria dan wanita yg tdk mengindahkan aturan kaidah agama Mari kita kaji satu persatu ttg kaidah-kaidah tersebut.

1. Menahan pandangan dari kedua belah pihak, baik pria ataupun wanita tidak boleh memandang dengan syahwat, tidak boleh melihat aurat,tidak berlama-lama memandang tanpa ada suatu keperluan Allah berfirman; Q.S. An-Nuur : 31
"Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu elbih suci bagi mereka"

2. Pihak wanita harus memakai pakaian yang sopan sesuai syariat yang menutup seluruh tubuh kecuali yang diperbolehkan dilihat. Jangan tipis dan ketat. Allah berfirman Q.S. An-Nuur : 31
"Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan kecuali yang biasa nampak daripadanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya"

Lalu Allah berfirman alasan kenapa mesti berhijab
Q.S. Al-Ahzab:59.
"Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal karena itu mereka tidak diganggu"
Dengan berhijab, maka seorang wanita akan lebih dihormati dan dapat mengeliminir keinginan jahat atau gangguan pria

3. Mematuhi adab-adab wanita muslimah dalam segala hal terutama saat berinteraksi dgn pria adab-adabnya seperti :
a. Hindari berkata yang mendayu-dayu, merayu dan membangkitkan ransangan
Q.S. Al-Ahzab : 32
"Maka janganlah kamu tunduk (terlalu lembut) dalam berbicara sehingga berkeinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik."
b. dalam berjalan, janganlah memancing pandangan orang.
Firman Allah Q.S. An-Nuur:31
"...dan jangalan mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan..."
c. Dalam gerak, bertingkahlakulah yang tidak emnarik perhatian karena dapat membuat org lain jatuh kpd kemaksiatan
"Hadits Rasulullah SAW : "Yaitu wanita-wanita yang menyimpang dari ketaatan dan menjadikan hati laki-laki cenderung kepada kerusakan (kemaksiatan) (HR. Ahmad dan Muslim)

4. Tidak boleh berdua-duaan tanpa diserta muhrim (pria dan wanita)
Banyak hadits yang melarang hal tersebut seraya mengatakan yang ketiga adalah syetan
Rasulullah SAW bersabda :
"Janganlah kamu masuk ke tempat wanita, Mereka (sahabat) bertanya"Bagaimana dengan ipar wanita?" Beliau menjawab. Ipar wanita lebih membahayakan." (HR. Bukhari)

5. Islam melarang wanita untuk keluar rumah kecuali seizin suaminya.

Karena suami memiliki hak atas istrinya, maka tidak dibenarkan seorang istri keluar rumah tanpa seizinnya.

6. Hendaknya kumunitas wanita terpisah dari komunitas pria
7. Pertemuan pria dan wanita hanya sebatas untuk suatu keperluan, tidak berlebihan yang dapat mengeluarkan wanita dari naluri kewanitaannya (malu) menimbulkan fitnah, melalaikan kewajiban dalam rumah tangga dan mendidik anak-anak. Inilah hukum-hukum Islam ttg kerjasama pria dan wanita.Sehingga bila kaidah ini dilaksanakan terus menerus, interaksi yang terjadi tidak akan mengarah pada hubungan yang bersifat seksual hubungan tersebut tetap pada koridor kerjasama semata dalam mencapai kebaikan. ummu_fatih: kaidah ini berlaku buat yang masih single..ataupun yang sudah double, banyak kita jumpai.

Sumber:
http://kajian-muslimah.blogspot.com/2006/02/kerjasama-pria-wanita-dalam-koridor.html

2 komentar:

Soe86 mengatakan...

Postingan ini ku save dulu ya... ntar kau baca Insya Allah,

Sandy Widayanto mengatakan...

ooo begitu ya gan ... makasih info'a ..

Posting Komentar